LS ICSM Indonesia Resmi Menerima Akreditasi SNI ISO/IEC 17021:2011

Resmi sudah Lembaga Sertifikasi ICSM (International Certification Services Management) Indonesia mendapatkan Akreditasi SNI ISO/IEC 17021:2011 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), kemarin (11/06/13) Sertifikat Akreditasi diserahkan oleh Menegristek RI Bpk. Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS mewakili BSN & KAN dan diterima langsung oleh President Director LS ICSM Indonesia Bpk. Nosa P. Kurniawan. Penyerahan ini diadakan di sela – sela acara Pertemuan Teknis Laboratorium, Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi Terakreditasi di Auditorium Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Akreditasi ini merupakan bukti komitmen LS ICSM Indonesia dalam meningkatkan layanan di bidang standarisasi. Lingkup layanan LS ICSM Indonesia yang ter-akreditasi adalah Perdagangan Grosir dan Eceran, Reparasi Kendaraan Bermotor dan Barang Keperluan Rumah Tangga (29) ; Administrasi Umum (36) dan Pendidikan (37). SNI ISO/IEC 17021:2011 itu sendiri merupakan Penilaian kesesuaian – Persyaratan lembaga penyelenggara audit dan sertifikasi sistem manajemen dalam hal ini LS ICSM Indonesia di bidang standarisasi mutu.

Pada acara yang bertepatan dengan Hari Akreditasi Dunia 2013 ini, Menegristek juga berpesan bahwa daya saing sebuah bangsa, dalam konteks globalisasi atau regional dapat dipahami sebagai kemampuan sebuah bangsa untuk dapat diterima sebagai pemain dalam rantai produksi dan transaksi global dan regional. Untuk dapat bersaing dalam rantai produksi dan transaksi global maupun regional, sebuah bangsa harus mampu memenuhi persyaratan-persyaratan produksi dan transaksi yang diatur dalam pasar global dan yang ditetapkan dalam standard Internasional maupun regional.

Pertemuan yang di hadiri sekitar 900 Stakeholder ini dimaksudkan untuk membahas strategi dalam menghadapi berbagai perjanjian perdagangan bebas. Sebab, dalam perdagangan bebas, akan disepakati beberapa hal termasuk harmonisasi regulasi teknis dan sistem penilaian kesesuaian.